Kegiatan
  • Register

MENINGKATKAN KUALITAS PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH MELALUI ANALISIS STANDAR BELANJA (ASB)

Senin, 28 Januari 2019

 

Bappeda Kabupaten Buton Selatan mengadakan acara Sosialisasi awal Penyusunan Dokumen Analisis Standar Belanja (ASB) bertempat di Aula Kantor Bupati Buton Selatan. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan OPD terkait dengan membawa dokumen DPA sebagai bahan kegiatan. ASB adalah penilaian kewajaran atas beban kerja dan biaya yang dialokasikan untuk melaksanakan suatu kegiatan serta memberikan pedoman dalam perhitungan besaran belanja dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perangkat Daerah (RKA-PD). Dasar hukum penyusunan ASB adalah berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 pasal 298 ayat (3) : “Belanja Daerah untuk pendanaan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah selain sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berpedoman pada analisis standar belanja dan standar harga satuan regional sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”. Senin 28/01/2019

Adapun tujuan dari diselenggarakannya sosialisasi ASB adalah untuk memberikan pemahaman tentang  penyusunan analisis standar Belanja yang akan di gunakan dalam perencanaan pembangunan daerah. ASB merupakan bagian dari Sistem Informarmasi Perencanaan (SIMCAN) yang di keluarkan oleh BPKP.

Sosialisasi ini nantinya akan dilanjutkan dengan pelatihan dan penyusunan dokumen ASB yang kegiatannya akan didampingi langsung oleh pihak Perwakilan BPKP Prov. Sulawesi Tenggara. Adapun waktu dan tempat pelaksanaan lebih lanjut menunggu jadwal dari pihak Perwakilan BPKP Prov. Sultra.

Apabila sudah ditetapkan Pergub ASB seluruh SKPD akan menjadikan ASB sebagai pedoman dalam melakukan perhitungan besaran belanja dan obyek belanja kegiatan dalam RKA OPD Kabupaten Buton Selatan.

Visi & Misi

Visi : “Terwujudnya perencanaan paripurna yang efisien dan efektif demi mewujudkan pembangunan yang mensejahterakan”.

Misi :
(1)
Meningkatkan kualitas aparatur perencanaan pembangunan;
(2) Meningkatkan kualitas produk perencanaan pembangunan;
(3) Meningkatkan kuantitas dan kualitas data informasi perencanaan pembangunan;
(4) Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam yang lestari.