Kegiatan
  • Register

Forum Perencana Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Buton Selatan merupakan sebuah forum yang memfasilitasi dialog kebijakan di bidang perencaan pembangunan daerah. Acara ini di fasilitasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kab. Buton Selatan yang diselenggarakan pada hari Jumat, 11 Januari 2019. Kegiatan ini akan menjadi agenda Pemerintah daerah Kabupaten Buton Selatan sekali dalam tiap triwulan dan dapat dilaksanakan setiap saat sesuai kebutuhan.

Turut hadir dalam cara ini adalah Drs. Maharuddin selaku Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Bappeda Kab. Buton Selatan serta para Perencana OPD se-Kabupaten Buton Selatan.

Acara dibuka oleh Asisten II Setda Kabupaten Buton Selatan. Di kesempatan tersebut beliau menyampaikan pentingnya konsistensi dan sinkronisasi Kegiatan dan Program dari tiap-tiap Dokumen Perencanaan Daerah seperti  Renja SKPD, RKPD, Renstra dan RPJMD serta pemantapan penggunaan aplikasi E-Planing sebagai instrument perencanaan tahun 2020.

Kepala BAPPEDA Kabupaten Buton Selatan, bapak L.A. Sufi Hisanuddin, S.Sos M.Si menyampaikan manfaat dilaksanakan forum perencana ini adalah sebagai wadah koordinasi dan konsultasi para insan perencana di Kabupaten buton selatan, sebagai wadah bagi perencana untuk meningkatkan kapasitas dirinya dan kualitas dokumen perencanaannya. Selain itu Kepala Bappeda menyampaikan betapa pentingnya sinkonisasi perencanaan dari tiap-tiap dokumen perencanaan daerah. Menurut beliau ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah tersebut terjadi diantaranya Faktor internal dan eksternal OPD seperti Kurangnya komunikasi dari perencana di OPD  dengan pejabat teknisnya serta kurangnya koordinasi dengan Bappeda. “Sangat diperlukannya sinkronisasi dalam tiap dokumen perencanaan daerah, koordinasi dari OPD dan BAPPEDA serta sinkronisasi kegiatan antar OPD untuk menghasilkan kualitas perencanaan yang maksimal” himbau Kepala BAPPEDA Kabupaten Buton Selatan.

Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Bappeda, L.M MUSNAWIR, ST.,M.Si menambahkan agar para perencana melalui pejabat teknis di tingkat OPD untuk melengkapi  petunjuk teknis (JUKNIS) serta Kerangka Acuan Kerja (KAK) dari tiap kegiatan yang akan di usulkan dalam Renja OPD agar menjadi salah satu dasar yang menguatkan kegiatan tersebut saat evalusi Tim TAPD di tingkat Provinsi nantinya.

 

Hasil dari forum perencana OPD Triwulan I adalah akan dilakukan evaluasi renstra OPD, penyusunan rancangan awal RKPD tahun anggaran 2020 dan rancangan awal renja OPD Tahun anggaran 2020 sebagai bahan dalam musrenbang RKPD tingkat kecamatan.(*)

KALENDER KEGIATAN

Visi & Misi

Visi : “Terwujudnya perencanaan paripurna yang efisien dan efektif demi mewujudkan pembangunan yang mensejahterakan”.

Misi :
(1)
Meningkatkan kualitas aparatur perencanaan pembangunan;
(2) Meningkatkan kualitas produk perencanaan pembangunan;
(3) Meningkatkan kuantitas dan kualitas data informasi perencanaan pembangunan;
(4) Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam yang lestari.